KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Hallo temen temen, perkenalkan nama saya nina laela mahasiswa S1 manajemen semester 6 STIE KUSUMA NEGARA. Disini saya akan berbagi atau sharing mengenai pengertian komunikasi interpersonal.

A.     Pengertian Komunikasi Interpersonal

Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris Communication), secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin Communicare dan perkataan ini bersumber pada kata Communis. Kata Communis memiliki makna  berbagi’ atau ‘menjadi milik bersamayaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.

Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu atau untuk mengubah sikap, pendapat orang lain untuk memberitahu atau untuk mengubah sikap, pendapat atau perilaku, baik langsung (secara lisan) maupun tidak langsung (melalui media) proses penyampaian bentuk interaksi gagasan kepada orang lain dan proses penciptaan arti terhadap  gagasan atau ide  yang disampaikan, baik sengaja maupun tidak disengaja.

Menurut Baskin dan Aronoff yang dikutip oleh Yosal Iriantara dalam buku yang berjudul komunikasi antarpribadi, menyebutkan  komunikasi  antarpribadi  sebagai  pertukaran  pesan  diantara pribadi-pribadi  yang  bertujuan  membangun  kesamaan  makna.

Menurut Joseph DeVito yang dikutip oleh Edi Harapan dan Syarwani Akhmad dalam buku yang berjudul komunikasi antar pribadi: perilaku insani dalam organisasi pendidikan menyatakan bahwa, mengartikan komunikasi antarpribadi ini sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang, atau di sekelompok kecil orang dengan beberapa Effect atau umpan balik seketika.

Dengan demikian, dapat disimpulkan dari pengertian komunikasi interpersonal dari kedua para ahli diatas dapat diketahui bahwa komunikasi interpersonal adalah terjadi diantara dua orang yang saling memiliki hubungan yang jelas, berlangsung secara bertatap muka dan saling bereaksi satu sama lain.

 

B.     Tujuan dan Fugsi Komunikasi Interpersonal

Komunikasi Interpersonal merupakan suatu action oriented ialah suatu tindakan yang berorientasi pada tujuan tertentu. Tujuan komunikasi Interpersonal itu bermacam-macam yaitu:

1.      Mengungkapkan perhatian kepada orang lain

Salah satu tujuan komunikasi interpersonal adalah untuk mengungkapkan  perhatian  kepada orang lain.  Dalam  hal  ini  seseorang berkomunikasi  dengan  cara menyapa,  tersenyum,  melambaikan  tangan, membungkukkan badan, menanyakan kabar kesehatan partner komunikasinya dan sebagainya.

2.      Mempengaruhi sikap dan tingkah laku

Komunikasi  interpersonal  ialah  proses  penyampaian  suatu  pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu atau mengubah sikap, pendapat, atau perilaku baik secara langsung maupun tidak langsung (dengan  menggunakan  media). Dalam  prinsip  komunikasi,  ketika pihak komunikan  menerima pesan atau informasi, berarti komunikan  telah mendapat pengaruh dari proses komunikasi. 

3.   Membangun dan memelihara hubungan yang harmonis

Setiap orang telah menggunakan banyak waktu untuk komunikasi interpersonal yang diabadikan untuk membangun dan memelihara hubungan sosial dengan orang lain.

 

C.     Unsur-unsur dalam Proses Komunikasi

Komunikasi   merupakan   satu   proses   yang  di   dalamnya   terdapat berbagai unsur sebagai berikut ini:

a.       Sumber (source) adalah pihak yang berinisiatif atau berkebutuhan untuk berkomunikasi, individu, kelompok, organisasi, perusaahaan, dan lain- lain.  Pihak  sumber  memiliki  gagasan  yang  akan  disampaikan  kepada penerima. Gagasan diubah menjadi pesan melalui encoding yaitu proses mengubah gagasan menjadi simbol-simbol yang umum (kata, bahasa, tanda, gambar dan seterusnya).

b.      Pesan (massage) merupakan hal hal yang bersifat verbal dan non verbal yang mewakili perasan, pikiran, keinginan atau maksud sumber tadi.

c.       Saluran atau media (channel) adalah alat/wahana yang digunakan sumber untuk menyampaikan pesan kepada penerima.

d.      Penerima (receiver) adalah orang yang menerima pesan dari sumber.

e.       Efek (effect) adalah apa yang terjadi pada penerima setelah ia menerima pesan tersebut.

 

D.     Faktor keberhasilan Komunikasi Interpersonal

Dalam buku Suranto Aw yang berjudul komunikasi interpersonal ada beberapa faktor yang sangat menentukan keberhasilan komunikasi interpersonal apabila dipandang dari sudut komunikator, komunikan dan pesan sebagai berikut:

1.       Faktor keberhasilan dilihat dari sudut komunikator

a.       Kridibilitas

b.      Daya tarik

c.       Kemampuan intelektual

d.      Integritas

e.       Kepercayaan

f.        Kepekaan sosial

g.      Kementangan tingkat emosional

2.         Faktor keberhasilan dari sudut komunikan

a.          Komunikan yang cakap akan mudah menerima dan mencerna materi yang diberikan komunikator.

b.         Komunikan yang mempunyai pengetahuan yang luas akan cepat menerima komunikasi yang diberikan komunikator.

c.             Komunikan harus memahami dengan siapa ia berbicara.

3.         Faktor kebehasilan dilihat dari sudut pesan

a.          Pesan komunikasi interpersonal perlu dirancang dan disampaikan sedemikian rupa sehingga dapat menumbuhkan perhatian komunikan.

b.         Lambang-lambang yang digunakan harus brnar-benar dapat dipahami oleh kedua belah pihak.

c.          Pesan-pesan tersebut disampaikan secara jelas dan sesuai dengan kondisi maupun situasi setempat.

E.      Sikap Yang Mendukung Komunikasi Interpersonal

Menurut Devito ada lima sikap positif yang mendukung komunikasi interpersonal yaitu sebagai berikut:

a.        keterbukaan

b.       Empati

c.        Sikap mendukung

d.       Sikap positif

e.        Kesetaraan

 

 -Nina Laela


 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL

STIE Kusuma Negara