KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Hallo temen temen, perkenalkan nama saya nina laela mahasiswa S1 manajemen semester 6 STIE KUSUMA NEGARA. Disini saya akan berbagi atau sharing mengenai pengertian komunikasi interpersonal.
A.
Pengertian Komunikasi Interpersonal
Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “Communication”), secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin Communicare dan perkataan ini bersumber pada
kata Communis. Kata Communis memiliki makna
‘berbagi’ atau ‘menjadi
milik
bersama’ yaitu suatu
usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.
Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang
kepada orang lain untuk
memberitahu atau untuk mengubah sikap,
pendapat orang lain untuk memberitahu atau
untuk mengubah sikap, pendapat atau perilaku,
baik langsung (secara lisan) maupun tidak langsung (melalui media) proses
penyampaian bentuk interaksi gagasan kepada orang lain dan proses
penciptaan arti terhadap gagasan atau ide
yang disampaikan,
baik sengaja maupun tidak disengaja.
Menurut Baskin dan Aronoff yang
dikutip oleh Yosal Iriantara dalam buku yang berjudul komunikasi antarpribadi, menyebutkan
komunikasi
antarpribadi sebagai
pertukaran
pesan diantara pribadi-pribadi
yang bertujuan
membangun
kesamaan
makna.
Menurut Joseph
DeVito yang dikutip oleh Edi Harapan dan Syarwani Akhmad
dalam buku yang berjudul komunikasi antar pribadi: perilaku insani dalam organisasi pendidikan menyatakan bahwa, mengartikan
komunikasi antarpribadi ini sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang, atau di sekelompok kecil orang dengan beberapa Effect atau umpan
balik
seketika.
Dengan
demikian,
dapat disimpulkan dari
pengertian komunikasi interpersonal dari kedua para
ahli diatas dapat diketahui bahwa
komunikasi interpersonal adalah terjadi diantara
dua
orang yang
saling memiliki hubungan
yang jelas, berlangsung secara bertatap muka dan saling
bereaksi satu sama lain.
B.
Tujuan
dan Fugsi Komunikasi Interpersonal
Komunikasi Interpersonal
merupakan suatu action oriented ialah suatu tindakan yang berorientasi pada tujuan tertentu.
Tujuan komunikasi Interpersonal
itu bermacam-macam yaitu:
1. Mengungkapkan perhatian kepada orang lain
Salah satu tujuan komunikasi interpersonal adalah untuk mengungkapkan
perhatian
kepada orang lain.
Dalam hal ini seseorang berkomunikasi
dengan cara menyapa, tersenyum, melambaikan
tangan, membungkukkan badan,
menanyakan
kabar kesehatan partner
komunikasinya dan sebagainya.
2.
Mempengaruhi
sikap dan tingkah
laku
Komunikasi interpersonal
ialah
proses penyampaian suatu
pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu atau mengubah sikap,
pendapat, atau perilaku baik secara
langsung maupun tidak langsung (dengan
menggunakan
media). Dalam
prinsip komunikasi, ketika pihak komunikan menerima pesan atau
informasi, berarti komunikan
telah mendapat pengaruh dari proses
komunikasi.
3. Membangun
dan memelihara hubungan yang harmonis
Setiap orang telah menggunakan banyak waktu untuk komunikasi
interpersonal yang
diabadikan untuk membangun dan memelihara hubungan sosial dengan orang lain.
C. Unsur-unsur dalam Proses Komunikasi
Komunikasi merupakan satu proses yang
di dalamnya terdapat berbagai unsur
sebagai berikut ini:
a.
Sumber (source) adalah pihak yang berinisiatif atau berkebutuhan
untuk berkomunikasi, individu, kelompok, organisasi, perusaahaan, dan
lain- lain. Pihak sumber memiliki gagasan yang
akan
disampaikan kepada
penerima.
Gagasan diubah menjadi pesan
melalui encoding yaitu proses
mengubah gagasan menjadi simbol-simbol yang umum (kata,
bahasa, tanda,
gambar
dan
seterusnya).
b.
Pesan (massage) merupakan hal hal yang bersifat
verbal dan non verbal yang mewakili perasan, pikiran, keinginan atau maksud
sumber tadi.
c.
Saluran atau
media (channel) adalah alat/wahana
yang digunakan sumber untuk menyampaikan pesan kepada penerima.
d.
Penerima (receiver) adalah orang yang menerima
pesan dari sumber.
e.
Efek (effect) adalah apa yang terjadi pada
penerima setelah ia menerima pesan tersebut.
D.
Faktor keberhasilan
Komunikasi Interpersonal
Dalam buku Suranto Aw yang berjudul komunikasi interpersonal ada
beberapa faktor yang sangat menentukan keberhasilan komunikasi interpersonal apabila
dipandang dari sudut komunikator, komunikan dan pesan sebagai berikut:
1.
Faktor keberhasilan dilihat dari sudut
komunikator
a.
Kridibilitas
b.
Daya tarik
c.
Kemampuan
intelektual
d.
Integritas
e.
Kepercayaan
f.
Kepekaan
sosial
g.
Kementangan
tingkat emosional
2.
Faktor
keberhasilan dari sudut komunikan
a.
Komunikan
yang cakap akan mudah menerima dan mencerna materi yang diberikan komunikator.
b.
Komunikan
yang mempunyai pengetahuan yang luas akan cepat menerima komunikasi yang
diberikan komunikator.
c.
Komunikan
harus memahami dengan siapa ia berbicara.
3.
Faktor
kebehasilan dilihat dari sudut pesan
a.
Pesan
komunikasi interpersonal perlu dirancang dan disampaikan sedemikian rupa
sehingga dapat menumbuhkan perhatian komunikan.
b.
Lambang-lambang
yang digunakan harus brnar-benar dapat dipahami oleh kedua belah pihak.
c.
Pesan-pesan
tersebut disampaikan secara jelas dan sesuai dengan kondisi maupun situasi
setempat.
E. Sikap Yang Mendukung Komunikasi Interpersonal
Menurut Devito ada lima sikap positif yang mendukung komunikasi
interpersonal yaitu sebagai berikut:
a.
keterbukaan
b.
Empati
c.
Sikap mendukung
d.
Sikap positif
e.
Kesetaraan
Komentar
Posting Komentar